Jadikan iPad Sebagai Sound Module Eksternal

Jadikan iPad Sebagai Sound Module Eksternal iPad Sound Module iPad memang sebuah perangkat portabel yang serba guna di setiap lini kehidupan. Di dunia musik pun iPad bisa menggantikan fungsi laptop bagi musisi yang sering mobile. Mulai dari mencatat ide musik, rekaman demo, bahkan untuk keperluan live perform di atas panggung. Untuk pecinta musik digital, terutama yang sering bermain dengan USB keyboard MIDI controller, kita bisa memanfaatkan iPad sebagai sound module eksternal untuk keyboard kita. Apa saja yang kita butuhkan? Tentu saja sebuah iPad, camera connection kit (harganya sekitar Rp 350.000), dan aplikasi musik yang mendukung CoreMIDI. Beberapa contoh aplikasi yang mendukung CoreMIDI di antaranya:

  • Garage Band: Salah satu aplikasi rekaman dari Apple (ya, Apple memiliki 2 aplikasi musik, Logic Studio untuk versi profesional dan Garage Band untuk pengguna casual) akhirnya hadir di platform iOS. Beberapa fitur yang ada di versi OS X dihilangkan, tapi Apple juga menambahkan beberapa fitur yang hanya ada di versi iOS. Kita bisa melakukan sinkronisasi dan penyuntingan proyek antara versi iOS dan versi OS X.
  • Korg iMS-20: Korg membangkitkan kembali salah satu analog synthesizer legendarisnya Korg MS-20 yang sudah lama tidak diproduksi, dengan membuat virtualisasinya menjadi sebuah app iOS. User interface-nya benar-benar meniru versi hardware-nya.
  • FL Studio: FL Studio versi iOS adalah versi sederhana dari FL Studio yang ada di PC (belum ada versi OS X-nya). Versi PC-nya sangat populer di kalangan penggiat musik elektronik. Kita bisa melakukan sinkronisasi dan menyunting project yang dibuat di versi iOS dengan versi PC-nya.
  • Nano Studio: Salah satu aplikasi terbaik untuk produksi musik digital, fiturnya sangat lengkap terutama untuk pencinta musik elektronik. Karena memiliki virtual analog synthesizer dengan setting yang sangat lengkap. Aplikasi ini sudah ada di iOS jauh sebelum Apple merilis Garage Band di platform iOS.
Keyboard MIDI controller yang saya gunakan adalah Behringer UMX-610 dan app yang saya pakai kali ini adalah Korg iMS-20. Di bawah ini video tutorialnya. Nah, terbukti kan kalau iPad adalah tablet yang serba bisa, belum ada tablet lain yang mendukung perangkat MIDI eksternal seperti ini.
source

Jadikan iPad Sebagai Sound Module Eksternal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan guys