Mobil Kiat ESEMKA, Harga Dan Spesifikasi Serta Perkembangan Terbaru Mobil Kiat Esemka

Mobil Kiat Esemka kian fenomenal, mobil yang merupakan hasil karya anak SMK gabungan dari 12 SMK jurusan otomotif di antaranya SMKN 1 Singosari (Kabupaten Malang,Jawa Timur), SMK Warga Surakarta (Jawa Tengah), SMKN 5 Surakarta, dan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur (Magelang, Jawa Tengah) dengan menggandeng Bengkel Kiat Motor Klaten untuk menciptakan sebuah mobil hasil karya anak bangsa indonesia yang diberi nama Mobil Kiat Esemka.


Saat ini pemberitaan di media cetak maupun elektronik bahkan di dunia maya tentang  Mobil Kiat Esemka memang sedang booming dan jadi incaran para pencari berita. bahkan berita tebaru dari kompas.com menyebutkan bahwa Siswa SMK Mulai Buat Komponen Mesin. Saat ini, dari mesin Mobil Esemka, hanya bagian tertentu yang belum bisa diproduksi langsung.Bagian electronik control unit, dinamo, ring piston, dan intake manifold belum dibuat siswa SMK. Tetapi, para siswa secara bertahap bisa membuatnya. jadi perkiraan Mobil Esemka 80% komponennya merupakan buatan dalam negri, saat ini sudah banyak pesanan yang mengantri Saat ini ada pesanan 73 unit mobil yang sudah ditandatangani kesepakatannya, ditambah lebih dari 3.000 pesanan melalui telepon dan pesan pendek, sehingga kita dapat bayangkan pasar sangat menantikan mobil hasil karya anak bangsa. sehingga industri - industri pendukung produksi Mobil Esemka bisa maju dengan pesat.

Harga Jual mobil Kiat Esemka untuk sementara ini menurut informasi yang banyak beredar ada dua tipe yaitu :
  • Harga Esemka Rajawali  tipe Pick-Up Single/Double Cabin Rp. 75 juta s/d 95 juta.
  • Harga Esemka Rajawali  tipe SUV Rp. 100 Juta s/d 125 Juta.
Spesifikasi Mobil Kiat Esemka
- Panjang : 5.035 mm
- Lebar : 1.690 mm
- Tinggi : 1.630 mm
- Bahan Bakar : Bensin
- kapasitas Mesin : 1.500 cc SOHC 4 silinder + multi point injection
- Transmisi : 6 (1-2-3-4-5-R)
- Max Speed : 180 Km/jam
- Max. Output : 105HP / 5.500 rpm
- Max Torque : 145 Nm / 4.100 RPM
- Power Stearing
- Central Lock System
- Power Windows
- Parking Censor
- Air Conditioner Dual Zone
- Audio System + CD
- Daya Tampung 7 Penumpang + Supir
Daya Tampung : mampu menampung tujuh penumpang, lebih banyak daripada Rush dan CR-V. Dimensi bodi Esemka Rajawali dengan panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.630 mm. Honda CR-V lebih pendek dengan panjang 4.566 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.680 mm. Sementara Rush memiliki panjang 4.420 mm,lebar 1.745 mm,dan tinggi 1.740 mm.

Desain Bodi : Bodi yang diusung SUV Esemka Rajawali memang masih agak kaku. Sisi aerodinamis Esemka kalah dari Rush dan Honda CR-V. Terlihat ada beberapa bagian eksterior Esemka yang mencomot desain mobil lain.

Mesin : Esemka Rajawali disokong dengan mesin 1.500 cc DOHC dengan teknologi multi point injection. Mesin mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 hp pada putaran 5.500 RPM dengan torsi maksimum hingga 145 Nm pada 4.100 RPM, dengan sistem penggerak roda belakang.

Fitur : Esemka Rajawali sudah tersemat fitur elektronik mirip SUV lainnya, misalnya power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parkir, dan CD player. Namun, Esemka Rajawali belum tersemat airbag, tidak seperti SUV Rush, Terios atau CR-V.

Apakah anda tertarik ingin memiliki mobil buatan asli dalam negeri yang dirancang oleh siswa SMK ini?, Kabar terbaru mobil kiat esemka sudah banyak dilirik oleh pihak, terutama oleh grup backrie yang tertarik untuk ber-investasi dan menanamkan modal untuk produksi massal mobil kiat esemka ini. Bagaimanakah perkembangan selanjutnya, apakah mobil kiat esemka ini akan berhasil di pasar nasinal dan internasinal? kita tunggu saja kabar selanjutnya...  

Mobil Kiat ESEMKA, Harga Dan Spesifikasi Serta Perkembangan Terbaru Mobil Kiat Esemka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deden Supriatna

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan guys